Kamis, 14 Maret 2013

7 Days in Japan (Part 2)

1 Comments

30 Desember 2012

Nah hari ini, jadwal kita adalah city tour ke kyomizu temple dan satu temple lagi gue lupa tuh namanya apa, dan malam harinya rencananya gue dan rombongan tour gue akan shopping ke shinsai bashi.
Pagi hari jam 06.00 gue udah bangun dan masih gelap banget. Terus gue nyalain hape, dan ternyata masih ada chat dari Nabila (temen gue), gue abis bbman sama dia semalem, mumpung ada wifi wkwkwk. Oiya, gue mau ngasih saran juga kalo jalan jalan ke Jepang ini, disini kita gak bisa beli kartu perdana dengan bebas kayak kalo kita lagi di arab gitu. Jadi mendingan kalo disini kita manfaatin wifi aja. Selain wifi kalian bisa manfaatin fasilitas international roaming, semua kartu selular lokal di Indonesia kayaknya udah ada fasilitas kayak gitunya kok, coba aja cek :D. Tapi ini bisa nguras dompet banget ._.

Btw, gue bangun pagi banget, padahal morning call itu jam 7 dan jam 8 sarapan. Yaudah gue bangun dari tempat tidur, dan adek gue masih molor. Oiya, gue sama aadek gue sekamar, tapi beda kamar sama mama dan papa. Abis bangun dari tempat tidur, gue mandi. Kebanyakan orang Jepang jarang mandi pagi kalo lagi musim dingin gini katanya. Tapi berhubung gue orang Indonesia, ya gue tetep mandi pagi wakakakak.

Selesai mandi gue bangunin adek gue dan adek gue susah banget dibangunin akhirnya gue narik dia dari tempat tidur, baru deh bangun. Tapi abis bangun dia tidur lagi sampe jam 7 lebih, nyebelin abis. Ya alhasil gue dimarahin papa gara gara jam 8 belom keluar kamar gara gara kelakuak kebo adek gue. Kayaknya papa gue menjelma jadi orang Jepang yang gak memproduksi jam karet buatan Indonesia.
Udah jam setengah 9, gue, Mega, papa sama mama sarapan sekaligus udah bawa koper ke bawah karena abis sarapan rombongan tour bakal langsung berangkat ke Kyoto.

Hari ini gue sarapan pake sereal plus susu, air putih, teh, roti, telor mata sapi setengah mateng dan kentang. Ini bukan sarapan pagi menurut gue. Lebih tepat dibilang cemilan pagi. Tadinya gue sempet ambil sosis panggang, tapi mata gue burem gak ngeliat kalo ternyata itu sosis babi TTATT. Karena udah terlanjur ngambil, yaudah gue diemin itu sosis di piring.

Selesai sarapan pagi, gue sama keluarga gue nunggu rombongan yang lain selesai sarapan dan abis itu segera masukin koper ke bus. Pas gue keluar hotel, diluar hujaaaan. Udah dingin tambah dingin. Gue padahal udah pake jaket yang tebel tapi tetep berasa dingin.

Selama otw ke Kyoto, si Tomasu (tour leader lokal gue) nyerocos terus. Gue jadi ngantuk. Yaudah gue dengerin lagu aja sepanjang perjalanan sambil ngeliatin jalan. Sedangkan adek gue bengong ngliatin toko toko di pinggiran jalan. Papa sama mama gue sibuk ngobrol dan bercanda sama rombongan yang lain.
Sesampainya kita di Kyoto, kita disambut oleh tetesan air hujan, di luar hujan lagi. Kita langsung menuju Kyomizu temple. Kuil ini kuil bersejarah, kata tour leader gue, disini ada tradisi buat lompat dari atas kuil, dan kuil ini tinggi banget...

Sebelum ke kuil, gue sama keluarga gue beli payung karena lupa bawa payung. Tapi mama sama papa malah beli jas hujan transparan. Tadinya gue sama adek gue disuruh beli jas hujan juga, tapi gue sama adek gue masih mau terlihat modis dan nolak buat beli jas hujan. Dan bener, mama sama papapake jas hujan udah kayak bungkusan sesuatu jalan jalan di Kyoto.
Dari tempat parkir bus ke kuil Kyomizu, kita harus jalan kaki, mendaki jalanan yang di samping kanan kirinya banyak toko toko yang ngejual souvenir dan makanan khas Kyoto. Lengkap dan harganya lumayan murah lho.

Setelah 5 menit jalan kaki, kita serombongan udah sampe di depan pintu kuil dan rame. Lagi ngantri buat ngangkat besi. Serius, jadi ada mitos kalo ngangkat besi yang ada di depan kuil itu, katanya bakal beruntung. Akhirnya gue juga ikutan ngantre. Pas gue udah deket sama besi itu, gue ngeremehin besi itu. Abis ukurannya kecil. Pas udah giliran gue buat ngangkat, gue sotoy pake satu tangan dan... hmpppfffttttt gak keangkat. Gue coba pake dua tangan dan..... keangkat dikit. Mungkin gue kualat udah sotoy dalem hati.

Abis acara angkat besi, ada antrean lagi di depan gue, kata tour leader gue itu antrean buat ramalan tahun 2013. Gue gak ikutan ngantre karena.... ya karena apalagi, itu ramalan mau ngomongapa juga gue gak bakalan ngerti :’D Lalu, segeralah gue masuk ke dalam kuil, dan woooowwww

Gue sekarang ada di teras kuil. Di teras ini ada pagar pembatas. Di bawah pagar itu ada semacam jurang mungkin ya? Bawahnya banyak pohon pohon, serem gue ngeliatnya. Dan seketika gue inget tradisi orang Kyoto yang diceritain Tomasu, hebat, nyalinya besar.

Setelah puas keliling di kuil Kyomizu, kita keluar dari kuil dan belanja sedikit. Gue beli 4 dompet kucing buat oleh oleh. Mama gue beli hiasan lemari es dan adek gue beli gantungan kunci.
Selesai dari kuil Kyomizu, kita ke suatu kuil lagi. Kuil yang ini luaaaaaaasss banget tamannya. Kata Tomasu, disini sering buat konser atau acara gitu, karena emang gede banget tamannya. Terus gue narsis narsis deh disini hueheuheue.

Selesai dari kuil ini, kita otw keeeee shisai bashi!! Shopping time!!
Nah disini kalian bisa beli baju, sepatu, makanan, dan lain lain. Masalah harga, kalian bisa pilih sendiri, macem macem harganya. Tapi disini gue lebih milih beli makanan, dan gue beli Kit Kat rasa green tea, oleh oleh wajib yang harus gue beli. Di Jepang, Kit Kat banyak varian rasanya. Kan kalo di Indonesia Cuma 2 rasa doang, original sama white chocolate. Dan gue beli coklat meiji banyak banget wakakakak. Buat rasa rasa Kit Kat yang lain, akan gue ceritain nanti :D

Selesai asik shopping, kita ke hotel deh buat istirahat, dan...... di hotel yang gue tempatin gak ada wifi. Padahal hotelnya gede. Sial. Akhirnya kalo sebelumnya gue ngecek twitter dulu sebelum tidur, kali ini gue langsung tidur hoaaaahhhmmm.

31 Desember 2012

Pagi ini gue sama adek gue bangun lumayan tepat waktu. Tapi tetep aja gue yang bangun duluan. Abis bangun tidur, gue iseng nyalain TV dan AAAAAAAAAA ada arashi nongol, gue langsung loncat loncat. Lebay ya. Abis ngeliatin iklan arashi, gue nonton ada perkiraan cuaca hari ini. Dengan sotoynya gue manggut manggut padahal gak ngerti apa yang mereka omongin. Abis sotoy sotoyan, gue mandi deh dan siap siap.

Setelah gue dan keluarga gue beserta rombongan yang lain sarapan, si Tomasu ngumumin hari ini kita bakal padet banget acaranya. Jadi hari ini kita bakal pergi ke Kawaguchi buat naik kapal dan abis itu kita bakal ke gunung Fuji, dan sorenya kita akan ke gotemba, tempat belanja baju sepatu dan lain lain gitu.
Daaaan segeralah kita ke bus. Sepanjang perjalanan gue bengong. Dan baru sadar besok udah masuk tahun 2013. Gue mikir temen temen gue di Jakarta pada ngapain ya.... enak kali ya rame. Terus abis gue bengong kira kira 10 menit, gue mulai ngantuk dan akhirnya gue senderan di senderan kursi di bus sambil ngeliatin pemandangan. Gue suka banget mandangin jalanan di Jepang. Bersih bersih, terus rapi. Gak berantakan dan geradakan kayak di Indonesia. Oiya selama 3 hari gue di Jepang, gue belom nemuin jalanan yang bolong atau rusak gitu. Semuanya terjaga dan terawat.  Semoga Indonesia suatu saat nanti bisa kayak Jepang ya amiiiinnn.

1 jam berlalu dan si Tomasu nyerocos “Iya kita bisa liat di sebelah sana, itu gunung Fuji bisa keliatan ya dari sini. Padahal masih sekitar 1 jam lagi kita ke sana.” Gue segera celingukan ngeliat ke depan dan waaaaaaaaaahhh
Keren abis. Selama ini gue Cuma ngeliat gunung Fuji di buku, foto, majalah, tv, dan ternyata emang indah banget.

Sekitar 10 menit kemudian, kita sampe di sebuah danau gede di kawaguchi. Gue lupa apa namanya. Dan pas turun dari bus, seperti biasa gue narsis narsis kayak alay hehehe. Pas lagi narsis narsis, mama gue manggil gue “Kak! Kakak! Sini ini ngomong apaan sih”
Lah gue bingung. Gue langsung nyamperin mama gue dan ternyata mama gue lagi diajak ngomong sama orang Jepang. Ibu-ibu gitu sekitar umur 50 an. Dan akhirnya, gue mempraktekan keterampilan bahasa Jepang gue disini alhamdulillah :’D si ibu ibu itu awalnya bingung gitu terus nyeletuk

“doko kara?” yang artinya datang dari mana, terus gue jawab

“Indonesia kara kimashita” yang artinya dari Indonesia. terus si ibu-ibunya senyum-senyum sambil ngomong

“Eeee Indonesia kara? Indonesia wa atsui desu ne. Nihongo wa samui desu ka?” yang artinya ohh dari Indonesia? Indonesia kan panas. Jepang dingin ya?
Gue Cuma jawab hai hai doang wkwk, abis itu si ibu-ibu ngomong sesuatu apa gitu, kayaknya dia cerita, gue manggut manggut aja sambil kadang kadang sedikit bungkuk bungkuk gitu ngikutin si ibu-ibunya. Padahal gue gangerti apa apa yang dia bicarain wkwk. Sampe dia selesai cerita, dia akhirnya pamit pergi dan ngomong “ki o tsukete” yang artinya hati-hati. Gue bilang “Hai hai” doang wkwkwk. Ya setidaknya gue ngerti dikit dikit laah.

Abis ngobrol sebentar sama ibu-ibu Jepang, si Tomasu manggil buat beli tiket untuk naik kapal nyebrang danau. Akhirnya gue ikutin deh si Tomasu. Abis 15 menit antre, akhirnya gue dan rombongan yang lain naik kapal itu dan papa gue ngajak ke bagian atas kapal. Itu tinggi banget. Gue gabisa bayangin dinginnya gimana. Papa gue tetep maksa dan akhirnya gue ngikutin papa gue ke atas.... BRRRRRRR ini parah, otak gue kayak beku. Dingin banget iniiii. Tapi gue bingung papa gue kok tahan-tahan aja ya.. Gue, mama sama Mega udah menggigil disini. Tapi tetep, narsis narsis hihi. Eh gak lama kemudian ada opa sama oma juga ke bagian atas kapal, kita foto foto bareng dehh.

Ehehe ini gue alay banget. Tebak gue yang mana? Yang paling item.

Abis dari kapal, kita ke bus lagi buat ke gunung Fuji. Di perjalanan menuju bus, gue ngeliat sekotak Kit Kat khas kawaguchi rasa.... BLUEBERRY CHEESE CAKE!!! AAAAAAAA! Gue ngiler, tapi papa udah jauh disana... Jadi gue memendam rasa ngiler gue ini :’(
Oke, sekarang kita otw ke gunung Fuji, lagi lagi si Tomasu nyerocos

“Yah.... maaf ada kabar buruk nih”

Gue udah mikir, kita gak bakal jadi ke gunung Fuji nih jangan-jangan.

“Gunung Fuji Cuma dibuka sampai level 1 gara gara cuacanya buruk dan salju udah menumpuk, jadi mohon maaf ya kita nanti cuma bisa sampe ke level 1 aja”
Sesek sih... Tapi untung aja masih jadi ke gunung Fuji, fiuuuhhh.

Di perjalanan, lagi lagi gue mandangin jalanan, dan gue ngelewatin kayak laut atau pantai gitu di sebelah kanan jalan. Bagus banget kena sinar matahari. Gue segera ambil kamera buat foto pemandangan itu.

Dan kita berhenti sebentar di tempat istirahat di pinggir jalan, karena mungkin ada yang mau buang air kecil. Gue salah satunya. Kebelet banget. Pas gue ke toiletnya, gue kaget, bersih banget gak kayak toilet umum di pom bensin di Indonesia, mana bayar pula seribu dia ribu.

Di Jepang toilet bersih banget kayak gini kagak bayar. Beda beda beda. Abis itu adek gue ngajakin ke minimarket yang ada di sebelak toilet itu. Gue masuk sama adek gue dan..... laper mata. Gue ngeliat tumpukan Kit Kat aneka rasa dan adek gue ngiler ngeliat tumpukan Pocky aneka rasa. Gue sama adek gue sekongkol deh minta duit sama papa buat jajan hehehe. Abis puas jajan, kita semua balik ke bus buat ngelanjutin perjalanan. Ettt tapi sebelum masuk ke bus, dari tempat istirahat di pinggir jalan itu, gunung Fuji juga keliatan lohh bagus banget.

1 jam berlalu, gue sampe di gunung Fuji. Gue turun dari bus dan norak. Karena di akanan kiri depan belakang atas bawah gue itu isinya salju. .......... hehehehe. Namanya juga orang asia tenggara, gapernah liat salju, kecuali salju dari kertas kertas gitu.

Setelah puas bernarsis ria di gunung Fuji, kita semua balik lagi ke bus buat menuju ke gotemba. Tapi di gotemba gue gak beli apa apa, abis barangnya menurut gue mahal mahal banget -__-
Nah abis dari gotemba, kita otw ke hotel Kawaguchiko. Hotelnya tradisional banget, bak]hkan di kamarnya gaada tempat tidur. Jadi kita tidur di futon. Futon itu alas tidur yang kayak punya Nobita ituuu. Tapi walaupun tradisioanal,tetep keren men, wifinya kencenggg. Jadi gue bisa ngucapin selamat tahun baru deh ke temen temen gue. Sebelum tidur, gue nonton kouhaku dulu, sebuah acara yang ditayangin di NHK.

Pas gue nyalain tv, yang nongol langsung NYC, Yuma gantengggggg!!!!!!!! Gue buru buru bbm nabila deh gue suruh nonton NHK segera. Terus dia nonton streaming deh. Abis nonton Kouhaku, sebenernya gue pengen nonton Johnny’s Countdown, tapi gue udah terlanjur ngantuk. Jadi gue tidur deh.

Nah nanti kapan-kapan gue lanjutin lagi ya. Pas gue lagi nulis ini, gue lagi pegel. Mikirin tugas pula wakakakakak.

Bagi yang udah nyempetin waktu buat baca tulisan gue yang gak jelas ini, makasih banyak yaaa ^^